Ya, memang terdengar aneh. Tapi, di Manado sana, ada lho mahasiswa yang ternyata bisa lulus tanpa mengerjakan Skripsi. Lah kok bisa??

Berdasarkan yang saya baca di situs berita Detik.com Kamis, 13 Januari 2022, Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISPOL) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado, dinyatakan lulus kuliah tanpa melalui tahap Skripsi. Alasan hal itu terjadi karena Mahasiswa tersebut lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) berkaitan dengan program kreativitas Mahasiswa.

Ternyata hal ini tidak hanya terjadi di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISPOL) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) saja, di situs berita republika.co.id pada Jumat 27 Agustus 2021 juga pernah memberitakan bahwa ada Tiga mahasiswa  Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang juga lulus tanpa skripsi. dan di situs berita tersebut memberitakan bahwa mahasiswa tersebut bisa lulus berkat Publikasi Ilmiah, dan hal itu dapat terlaksana karena kebijakan prodi yang memperbolehkan mahasiswa untuk mengganti skripsi dengan publikasi jurnal bereputasi.

Menurut Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) , Bidang Akademik Prof., Dr., Harun Joko Prayitno pada situs berita news.ums.ac.id yang sama terdapat program mahasiswa lulus tanpa skripsi, kebijakan baru lulus tanpa skripsi ini melalui subsidi publikasi bereputasi Internasional. “Program ini diharapkan mampu menumbuhkan inovasi dan mendorong pengembangan talenta dari lulusan program sarjana,” ujarnya.

Hmm, apa di kampus kalian ada program seperti itu?

Hal ini sejalan dengan penetapan program OBE UMS Juni tahun 2021.

“Pembelajaran UMS berbasis OBE pada prinsipnya merupakan konkresitasi dari Pengembangan Talenta Inovasi Indonesia (PTII) sebagaimana edaran dan panduan PTII tersebut,” tegas Prof., Dr., Harun Joko Prayitno.

Ia juga berpesan, “Dengan demikian mahasiswa dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Selain itu program ini untuk memayungi mahasiswa yang ingin menggunakan alternatif lulus tanpa skripsi,” pungasnya.